Wisata Budaya Sunda Rumah Angklung Udjo, Bandung

Terletak di bagian timur kota Bandung yang ramai, Udjo’s House of Angklung berupaya untuk mewujudkan keharmonisan bambu bergetar yang indah yang bergema dari amfiteater sederhana ini sampai ke sisi lain dunia. Ini menyebarkan nilai-nilai kesederhanaan, kerja sama, persatuan dan kebersamaan, serta menjaga hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungan.

Didirikan pada tahun 1966 oleh mendiang Udjo Nalagena (1929-2001) dan istri tercintanya, Uum Sumiyati, Saung Angklung Udjo dibangun dengan tujuan dan dedikasi untuk melestarikan seni dan budaya tradisional Jawa Barat di Jawa Barat. Udjo Nalagena-lah yang membawa semangat dan prinsip-prinsip yang membuat Udjo’s House of Angklung menjadi tempat di mana seni dan budaya Sunda berkembang dan mendapat rasa hormat yang pantas di seluruh dunia. Usahanya untuk memperkenalkan dan mempromosikan angklung akhirnya membuahkan hasil ketika UNESCO memasukkan Angklung dalam Daftar Warisan Budaya Takbenda pada bulan November 2010.

Rumah Angklung Udjo juga mendedikasikan dirinya untuk konservasi dan pelestarian lingkungan alam. Sebagai bentuk tanggung jawab lingkungan, House of Angklung Udjo bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan, terlibat dalam Kampanye ‘Penanaman Indonesia’, yang dikenal sebagai Kampanye Indonesia Menanam, dan membentuk Pusat Konseling Kehutanan.

House of Angklung Udjo mengadopsi filosofi penampilan yang mudah, terjangkau, mendidik, menarik, masif, dan ceria yang merupakan inti dari pertunjukan utama mereka yang disebut “Kaulinan Urang Lembur” atau permainan waktu penduduk desa. Pertunjukan ini dikemas dengan pertunjukan pendek yang spektakuler, dimulai dengan pertunjukan wayang golek, upacara helaran, tarian tradisional, permainan anak-anak, pengenalan angklung, pertunjukan orkestra angklung, pertunjukan angklung interaktif yang melibatkan pengunjung bermain angklung, dan kinerja arumba.

Kesana

Jika Anda lebih suka menggunakan bus dari Jakarta, Anda dapat menggunakan penyedia bus yang bekerja sama dengan Saung Angklung Udjo. Anda juga dapat menggunakan shuttle bus atau agen perjalanan yang telah bekerja dengan Saung Angklung Udjo. Setelah tiba di Bandung, taksi adalah sarana transportasi terbaik untuk menuju Saung Angklung Udjo, karena menyediakan kenyamanan dan kecepatan untuk mencapai tujuan. Jika Anda ingin sedikit berpetualang dan mencoba mengalami cara lokal untuk berkeliling, Anda dapat mencoba angkot. Angkutan umum berwarna-warni ini datang dalam berbagai rute dan tujuan, dan kemungkinan besar dapat ditemukan di setiap jalan utama. Anda mungkin harus mengubah jalur dua atau tiga kali sebelum Anda sampai di Saung Angklung Udjo, tergantung di mana Anda berada. Jika Anda memilih angkot, Anda akan naik angkot menuju Padasuka atau Terminal Cicaheum.

Tinggalkan Balasan